Kamis, 25 Juni 2009

KOLEKSI PARBINOTOAN (ILMU PENGETAHUAN)

  1. PUSTAHA :Duplikat dibuat dari kulit kayu ulim (laklak) bertuliskan aksara Batak berisi ilmu pengetahuan, kalender, mantera dan lain-lain.
  2. PORHALAAN (1) :Kalender Batak, dari bambu (bambu suraton) Ditulis dalam aksara Batak dilengkapi dengan gambar-gambar symbol dari peredaran bulan, digunakan untuk meramalkan hari baik untuk pelaksanaan pesta adat, langkah rejeki dan sebagainya.
  3. PARHALAAN (2) :Bahan dari bambu, diberi bertutup dari kayu diukir berbentuk patung hoda-hoda. Tabung bambu sekaligus tempat pagar (penangkal) fungsi lain sama dengan Porhalaan (1).
  4. PARHALAAN (3) :Fungsinya sama dengan Porhalaan (2), bahannya dibuat dari tulang kering hewan diberi tutup dari kayu berukir.
  5. BULU PARHALAAN (TONDUNG SAHALA) :Bahannya dari kerat bambu lepas, disusun sedemikian rupa digunakan untuk meramal hari baik.
  6. BULU PARTONAAN (1) :Bahan dari seruas bambu kecil, bertutup bambu, digunakan untuk mengirim surat atau pesan penting.
  7. BULU PARTONAAN (2) : Jenis lain dari bulu partonaan.
  8. BULU PARTONAAN (3) – ” -
  9. HOLI-HOLI PARTONAAN :Tabung surat motif lain dibuat dari tulang kering hewan diukir halus diberi tutup dari kayu motif patung hoda-hoda.
  10. GARUNG-GARUNG SONDI :Tempat menyimpan surat-surat penting, mantera-mantera don lain lain, dibuat dari seruas bamboo besar berukir halus tutupnya artistik.
  11. RUJI-RUJI BINDU MATOGA :Kalender batak dibuat dari tulang rusuk hewan digunakan oleh datu untuk meramal sesuatu.
  12. RUJI-RUJI PARMANUHAN – idem -
  13. BULU NAPUNGGURON : Bambu suraton tempat menulis sumpah oleh dua orang atau lebih yang mempertahankan kebenaran masing – masing atau orang-orang yang bertekat melaksanakan suatu niat dihadapan Datu.
  14. BULU SISURUON : Bulu Suraton yang dapat disuruh menghukum orang yang melanggar sumpah.

Tidak ada komentar: