Kamis, 25 Juni 2009

ALAT MENANGKAP IKAN

  1. SOLU LUNJUP :Jenis sampan khusus diair deras, bahan dibuat dari kayu Sotul, digunakan untuk kenderaan diatas air dan alat waktu menangkap ikan.
  2. SOLU JAMBANG :Sampan jenis lain yang lebih besar dari solu lunjup, biasanya dipakai di air yang tidak mengalir (di danau), fungsinya sama dengan solu lunjup dapat dipakai untuk mengangkut dua orang sekaligus.
  3. HOLE :Bahannya dari kayu dipakai untuk alat dayung.
  4. GOLI-GOLI :Dibuat dari kayu (papan) dipakai untuk tempat duduk di dalam sampan.
  5. TAHU-TAHU :Bahannya dari bambu, dipakai untuk mebuang air yang masuk kedalam sampan.
  6. BUBU TIRI-TIRI :Bahannya dari bambu digunakan menangkap ikan tiri-tiri (ikan kecil semacam ikon teri).
  7. BUBU JAHIR :Bahannya dari lidi ijuk dan tali riman, digunakan menangkap ikon jahir, pora-pora, undalap don lain-lain.
  8. BUBU IHAN :Bahannya dari lidi ijuk (Tarugit) bentuknya lebih besar, digunakan untuk menangkap ikan yang besar-besar seperti ikan mas, ihan dll.
  9. BUBU SIBAHUT :Dibuat dari bambu diikat dengan tali riman, digunakan untuk menangkap ikon lele (Sibahut).
  10. HAIL SAMBOHAN :Bahannya dibuat dari benang pancing dan arung (pimping air) digunakan untuk memancing ikan gabus, ikan lele don lain lain ikan di daerah berlumpur.
  11. HAIL HONDORAN :Bahannya dibuat dari arung panjang tali pancing (riman) pancing pelampung don timah pemberat digunakan untuk memancing ikan di air yang mengalir dan dalam.
  12. HAIL TAON TAONAN ( TABU-TABU ) :Bahannya dari tali ijuk, benang don mata pancing diberi pemberat dari batu don oelampung dari bambu dipakai untuk memancing ikan besar.
  13. DOTON :Bahan dari benang, batu pemberat, pelampung dari kayu ringan, digunakan memukat ikan.
  14. ULANGAT :Bahan dari benang, bambu dan ijuk. Benang dijalin segi empat, digunakan untuik menangkap ikan di air yang dangkal, tempatnya tetap.
  15. TAHOP :Bahan dibuat dari benang, bambu, bentuk serupa dengan sellep tetapi lebih besar, dipakai untuk menangkap ikan ditempat yang dalam.
  16. SELLEP :Bahan dibuat dari bambu dan benang digunakan untuk menangkap ikan si air yang dangkal.
  17. DURUNG :Bahannya dari bambu, rotan dan benang, digunakan untuk menagkap ikan.
  18. RADAK :Bahannya dibuat dari pakko, besi (palait), digunakan untuk menombak ikan.
  19. RADAK :Bahannya dari pakko, pada ujungnya palait dari besi, sebanyak empat buah dirompu dengan kawat digunakan menombak ikan besar.
  20. HERENGAN :Dibuat dari tarugit digunakan untuk menyimpan ikan tangkapan di dalam air agar tetap hidup sebelum dibawa pulang ke darat.
  21. SANGGE :Bahan dari bambu, fungsinya sama dengan herengan.
  22. HIRANG-HIRANG (1) :Bahan dari bambu, dianyam digunakan untuk tempat ikan tangkapan terutama jenis ikan-ikan besar.
  23. HIRANG-HIRANG (2) :Bahan dari bambu, dianyam diberi bertali dari tali ijuk digunakan untuk tempat ikan tangkapan direndam dalam air agar ikan tetap hidup.
  24. HIRANG-HIRANG (3) :Bahan dari rotan dianyam berbentuk bulat, digunakan untuk tempat ikan tangkapan” biasanya digantung diikat pinggang.

Tidak ada komentar: