Senin, 29 Desember 2014

Partangiangan Keluarga Besar Lumban Sormin 2014

Tetua 13 Dusun Lumban Sormin
Jumat-Minggu 26-28 Desember 2014 Kelurga Besar Lumban Sormin, Anak, Boru, Bere, Ibebere se-Indonesia melangsungkan Partangiangan di Desa Lumban Sormin Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara Indonesia.


50 (lima puluh) tahun yang lalu tepatnya 1964, para sesepuh marga Sormin bersama anak, boru, bere, ibebere yang berdiam dan berada di luar Desa Lumban Sormin melakukan Acara Partangiangan di Lumban Sormin, dengan permohonan kepada Tuhan agar “gabe na niula sinur napinahan, jala tubu anak nabisuk jala napantas marroha (hasil pertanian yang melimpah dan hasil ternak yang baik, serta lahir anak yang  bijaksana dan rendah hati), dan anak-anak Lumban Sormin, semakin maju, pintar, bijak dan menjadi pemimpin yang bisa diandalkan, 

Drs. Aman Siregar/Ketua Panitia
Lumban Sormin merupakan Bona Pasogit bagi marga Sormin yang adalah pomparan dari Silo dan pomparan dari Siregar berada di Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia, terdiri dari Dusun (huta) yaitu: (1) Lumban Dongoran, (2) Lumban Sormin Mula-Mula, (3) Pea Najagar, (4) Huta Tonga, (5) Dolok Pansur Godang, (6) Bona Dolok Saur, (7) Dolok Saur, (8) Saur Matio, (9) Banjar Godang, (10) Pagaran Dolok, (11) Lumban Panjaitan dan (12) Simaninggir.

Di Desa Lumban Sormin penduduknya selain bermarga Siregar juga terdapat marga lainnya seperti marga Panjaitan, dan Limbong, dan lainnya.

Adalah keluarga besar Lumban Sormin tidak dapat melupakan sejarah masa lalu, pahit getir kehidupan dialami dan dilalui, menjadi awal dilakukannya partangiangan dan setelah di masa kini, 50 tahun sesudahnya,  menyadari berbagai rahmat, karunia, berkat yang diterima, menjadi sangat pantas dan patut mengucap syukur kepada Tuhan sekaligus memanjatkan permohonan setulus hati kepada Tuhan agar selalu memberikan kemajuan Lumban Sormin dan generasi muda sekarang dan yang akan datang maka seluruh keluarga besar Lumban Sormin mengadakan Kegiatan dengan nama Doa Bersama dan Bakti Sosial Anak, Boru, Bere dan Ibebere Keluarga Besar Lumban Sormin Se-Indonesia.

Selain syukuran maka acara ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan silaturahmi, kekeluargaan, persaudaraan, dari Anak, Boru, Bere dan Ibebere Keluarga Besar Lumban Sormin serta meningkatkan keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan dan kasih buat sesama.

Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam acara ini yaitu
  • Jumat, 26-12-2014 Lomba Cerdas Cermat, Lomba Olah Raga, dan Pemutaran Film
  • Sabtu, 27-12-2014 Bakti Sosial, Pemutaran Film dan Hiburan Semalam di Bona Pasogit
  • Minggu, 28-12-2014 Pembukaan/Parade, Kebaktian dan KKR, Acara Kata – kata Sambutan, Makan Bersama, Pemeriksaan Kesehatan, Pemberian Tali Kasih, Hiburan / Manortor bersama.
Patut dicatat dalam partangiangan ini, Keluarga Besar Sormin dari Tapanuli Bagian Selatan seperti Padang Sidimpuan, Tapanuli Selatan, Madina, Palas, Paluta yang nota bene adalah muslim dan muslimah turut hadir dan serta membawakan doa permohonan untuk kemajuan seluruh keluarga besar Lumban Sormin dimana pun berada dan berkarya hingga generasi anak cucu yang akan datang.  Dibedakan oleh agama dan dipersatukan oleh darah, yaitu marga Siregar Silo Sormin.
Susunan Panitia

Sekretaris Panitia Drs. A. Sudirman Sormin, M.Pd dalam perbincangan tersendiri menyampaikan bahwa salah satu harapan terindah yang menggeliat dan ingin diwujudnyatakan setelah partangiangan Keluarga Besar Lumban Sormin, yaitu membangun unit bangunan pertemuan sebagai kongsi Keluarga Besar Lumban Sormin oleh Keluarga BesarLumban Sormin sendiri.

Turut hadir dalam acara partangiangan ini Bupati Taput Drs. Nikson Nababan yang dalam sambutan sangat tekesan atas kebersamaan keluarga besar Lumban Sormin yang diakuinya bahwa partangiangan seperti ini baru dua di Tapanuli Utara, yaitu Keluarga Besar Sormin dilaksanakan di Lobu Sonak (28 Nopember 2014) dan Keluarga Besar Sormin di Lumban Sormin.


Selain Bupati Taput turudt hadir Ir. Poltak Pakpahan, Anggota DPRD Taput yang juga sebagai bere dalam Keluarga Besar Lumban Sormin.

Photo liputan



Tidak ada komentar: