Kamis, 16 Oktober 2014

Harmoni dan Sinergi Perkumpulan Marga Siregar Dunia dengan Perkumpulan Marga Huang Indonesia

Oleh DJASMIN, SH., MH.

Hari tanggal 13 September 2009 di Restoran Nelayan – Ancol diadakan Perayaan Musim Gugur oleh dua Organisasi besar dunia yang berkumpul bersama-sama dalam satu harmoni dan sinergi dengan semangat kekeluargaan dan persaudaraan pada acara sakral ini.

Suatu kehormatan bagi Perkumpulan Marga Huang telah mendapat dukungan dan partisipasi dari Perkumpulan Siregar Dunia. Harmoni dan sinergi memberi contoh dan teladan yang baik bahwa sesungguhnya Sinergi antar komponen bangsa Indonesia dapat dibangun baik secara individual, komunal maupun kelembagaan menunjukkan bahwa dalam kehidupan sosial, kita hidup saling bergantung, saling mempengaruhi, saling menghormati, saling menghargai dalam satu harmonitas sosial yang mempunyai kesadaran untuk menjaga, mempertahankan, memperkuat nilai-nilai kebudayaan bersama berdasarkan persatuan dan kesatuan dengan upaya pengembangan wawasan kebangsaan secara dinamis, dalam simponi dan keindahan pluralisme serta kebinekaan bangsa Indonesia.

Hari ini kedua Organisasi sosial besar dunia hadir dalam seremoni sakral menunjukkan adanya kesamaan visi dan misi serta tujuan yang sama di bidang sosial, ekonomi serta kebudayaan. Harmoni dan sinergi dua Perkumpulan besar dunia tentu didasarkan visi dan misi yang sama yang memudahkan kerjasama dalam mewujudkan visi masa depan. Harmoni dan sinergi dua Perkumpulan dunia ini telah menyatukan visi dan persepsi mengenai masa depan bangsa yang dilanjutkan dengan rencana kerjasama di bidang sosial dan ekonomi serta kebudayaan guna mengembangkan kemitraan usaha, kemampuan sumber daya manusia khusus anggota kedua organisasi.

Dengan diadakan kegiatan-kegiatan sosial dari sesama anggota kedua Organisasi sosial besar dunia dalam memberikan kontribusi sesuai kapasitas kemampuan masing-masing untuk meraih tujuan bersama di bidang sosial dan ekonomi serta kebudayaan.

Harmoni dan sinergi kedua Organisasi sosial ini dalam wujud kerjasama guna memajukan seluruh anggota dan mempersiapkan generasi muda tunas bangsa sebagai generasi masa depan yang akan menjadi pemimpin bangsa Indonesia.

Sekali lagi kita memberi applause kepada Perkumpulan Marga Huang dan Perkumpulan Siregar dunia telah memberi teladan, semangat kepada generasi muda Marga Huang dan Siregar Dunia untuk meningkatkan kesadaran semua anggota agar berperan strategis dan lebih erat bergandengan tangan secara bersama-sama maju mewujudkan visi masa depan.

Acara dimulai dengan sambutan tarian Barongsai dengan disertai tambur membahana, barongsai meliuk dan melirik tajam di atas panggung dengan lampu sorot kian menghangatkan suasana mendapat sambutan meriah hadirin dari Marga Siregar dan Marga Huang setelah selesai atraksi Barongsai acara dilanjutkan dengan menampilkan para sesepuh kedua Organisasi tersebut naik ke atas panggung secara bersama-sama melakukan upacara sujud leluhur dengan upacara penghormatan yang dilakukan dengan sangat luar biasa hikmat menurut kepercayaan agama masing-masing, di atas panggung berpadu tugu Marga Siregar dan pigura foto leluhur Marga Huang menjadi satu harmoni dan sinergi dalam rangka membina kerjasama sosial, ekonomi dan kebudayaan.

Berikutnya Grup Kesenian Vokal Grup dan paduan suara muda-mudi Marga Huang menyanyikan lagu Himne Huang dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Kehormatan Marga Huang Dunia Bapak Teddy Sugianto, Ketua Marga Huang Jakarta Bapak Jotje Wantah dan Ketua Marga Siregar Dunia Bapak Yusuf Siregar dan lain-lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Pada essensinya Para Ketua Marga Huang dan Marga Siregar menyampaikan apresiasinya atas hubungan kekerabatan, kekeluargaan dan persaudaraan Marga Siregar- Huang dapat berjalan sepanjang masa dalam membangun kader-kader generasi muda Marga Huang dan Marga Siregar bagian dari generasi yang memiliki komitmen idealistik dalam upaya mereka untuk membangun Bangsa dan Negara Indonesia.

Seusai pidato dilanjutkan dengan nyanyian Indonesia Pusaka dengan suara melengking dan syahdu oleh Huang Chiming, kemudian dimeriahkan dengan Show Huang Sister dan lagu-lagu Totor dan Lagu Lisoi Tapanuli yang disertai suguhan Tos atau Kan Pei oleh sesepuh Marga Siregar dan Marga Huang di atas penggung kepada seluruh hadirin berdiri penuh kehangatan dan antusiasme tak kuasa menahan rasa haru biru bahagia dengan sambutan tepuk tangan gegap gempita menyampaikan apresiasinya atas harmoni dan sinergi Marga Siregar dan Marga Huang, pergelaran seni terus bergulir membuat ribuan hadirin penonton tak beranjak dari tempat duduk, seusai klimaks acara yang dimeriahkan dengan lagu gelang sepatu gelang dan lagu kapan-kapan berjumpa lagi. Decak kagum dab riuh tepuk tangan tak henti-hentinya bergemuruh di setiap pemungkas penampilan.

Akhirnya upacara perayaan musim gugur diakhiri gebyar kedua Marga Siregar dan Marga Huang setelah seluruh artis dan pendukung acara naik ke panggung, dan upacara perayaan menjadi catatan penting bagi semua organisasi Perkumpulan dan Yayasan atas keberhasilan kedua organisasi besar dunia Marga Siregar dan Marga Huang membuat langkah menyebarkan semangat integrasi, asimilasi dan pluralisme kepada semua komponen bangsa, dan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan dan diteruskan kepada generasi muda Marga Huang dan Marga Siregar agar terus berjuang menemukan ke Indonesiaan mereka dengan berbaur/berasimilasi dan berintegrasi serta berjuang bersama untuk memajukan Bangsa dan Negara Indonesia. Semoga kita semua berbahagia.

Sumber : http://www.iapw.info

Tidak ada komentar: