Senin, 09 Mei 2011

Unicode Aksara Batak

Luput dari media baik cetak maupun elektronik, Nusantara tercinta kembali mencatatkan kekayaan aksaranya pada standar Unicode. Pada awal Oktober 2010 telah Resmi Aksara Batak memperoleh register Unicode dengan alamat 1BC0-1BFF pada Unicode versi 6.0. 

Bahkan pada perayaan Hari aksara Internasional yang diadakan di Balikpapan pun tidak ada yang menyinggunggnya. Sedikit berbeda dengan aksara Jawa yang cukup mendapat liputan media ketika teregister Unicode itupun karena pada saat bersamaan kekayaan Batik Nusantara juga diakui Unesco sebagai warisan Budaya Indonesia.

Kembali ke Aksara Batak, sebanarnya aksara ini merupakan kumpulan dari beberapa varian aksara Batak yakni  Toba/Samosir, Dairi/Pakpak,  Simalungun, Karo dan Mandailing. Semoga dengan masuknya satu lagi aksara Nusantara ini bisa semakin menancapkan kekayaan Budaya nusantara di mata Dunia.

(http://www.pallawa.com/content/unicode-aksara-batak)


Unduh huruf Batak dari sumbernya :

untuk Windows
Huruf Batak karo
Huruf BatakMandailing
Huruf Batak Pakpak
Huruf Batak  Toba
Huruf Batak Varians

untuk Macintosh

transtoba2 merupakan perangkat lunak bebas yang dapat diedarkan dan diubah di bawah Lisensi Publik Umum GNU. Versi terakhir transtoba2 adalah versi 0.23 beta
Unduh transtoba2-0.23.jar

selengkapnya lihat di Surat Batak 1.2

Bagaimana penggunaan fonts ini dalam operasi komputer ? lihat tulisan sebelumnya
Install terlebih dahulu fonts dimaksud pada komputer anda.

Tidak ada komentar: