Senin, 20 Desember 2010

Kamus Bahasa Batak-Indonesia dan Indonesia-Batak

Tentang batakDict:

batakDict adalah program sederhana Kamus Bahasa Batak - Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia - Batak. dibuat dengan tujuan melestarikan buadaya Batak (salah satunya bahasa batak) agar tidak sampai punah dan mengenalkan budaya batak kepada setiap orang. Dilatar belakangi dengan keprihatinan developer bahwa sudah banyak orang Batak yang tidak tahu budaya Batak (salah satunya berbahasa Batak), bahkan cenderung malu untuk berbahasa batak. Alias sudah "Dalle". Hal ini menjadi kontradiksi. Malah jadi orang lain yang menguasai budaya Batak tersebut. Program kamus batak ada berapa yang tersedia seperti TobaIndoKamus di Windows. Program ini sepengetahuan developer masih Batak - Indonesia, belum menyediakan Indonesia - Batak Selain itu belum mempunyai fitur untuk mengedit (menambah,mengedit,dan menghapus) entry kata.

HISTORY:

batakDict dikembangkan oleh Sunardo Panjaitan sejak Juni 2009 ketika dia mengikuti Kerja Praktek dari Politeknik Informatika Del di Dinas Komunikasi dan Informatika Tapanuli Utara. Sebelumnnya developer telah mengembangkan batakDict yang dibangun dengan bahasa pemrograman Visual Basic dan MS.Access untuk database. batakDict dikembangkan dari aplikasi kamus buatannya sendiri "SunOSSDict". Selanjutnya karena developer sangat menyukai Linux, developer mengembangkannya dengan GAMBAS karena .exe tidak dikenali di Linux kecuali jika dengan menggunakan emulator seperti Wine dan penulis tidak mau merepotkan orang yang memakai batakDict dan SunOSSDict harus menginstall Wine. Sebelum batakDict versi Linux (GAMBAS) selesai, beberapa teman developer yang ingin belajar bahasa Batak meminta penulis untuk membuat batakDict agar multiplatform karena sebagian dari mereka menggunakan sistem operasi MacOS. Penulis berpikir bahwa untuk menulis ulang lagi batakDict merupakan sebuah pekerjaan yang merepotkan. Oleh karena itu penulis berencana mengembangkannya lagi dengan bahasa pemrograman Java. Namun penulis tidak ingin merepotkan pengguna untuk menginstall Java (JRE = Java Runtime Environment). Penulis akhirnya mencoba mengembangkannya dengan bahasa C dengan tools QT. Namun karena penulis baru belajar tools QT, penulis merasa kesulitan. Akhirnya setelah mencari-cari program kamus di Internet, penulis menemukan program gKamus buatan saudara Ardhan Madras yang dikembangkan dengan bahasa C GTK. Karena gKamus di rilis dengan lisensi GPLV2, penulis memberanikan diri meminta ijin kepada saudara Ardhan untuk menggunakan kembali (reuse) kode gKamus. Beruntung saudara Ardhan mengijinkan dengan senang hati.

Download dan Instalasi:

Download batakDict di Download batakDict file. Saya minta maaf source codenya belum saya upload karena kemarin masih dalam tahap pengembangan. Tapi later akan saya upload. Untuk instalasi batakDict sebagaimana instalasi software lainnya, Anda harus memiliki Access Right sebagai Administrator/root. untuk windows anda tinggal klik ganda (double) file batakDict yang berekstensi .exe. Untuk sistem operasi Linux, pastikan GTK 2.12.8 sudah terisntall dengan baik. Anda bisa menginstallnya dari source tarballnya, binary filenya, atau menggunakan third party seperti apt-get (di Debian) atau yum (di RedHat).

untuk instalasi batakDict sendiri sbb:

di Debian dan turunannya (Ubuntu, dsb) Anda tentu saja akan menginstall file batakDict yang berekstensi.deb.
sebagai root : #dpkg -i batakdict_0.1-1_i386.deb
atau sebagai root sudoers : $ sudo dpkg -i batakdict_0.1-1_i386.deb

di RedHat dan turunannya (Fedora, CentOS, dsb) Anda tentu saja akan menginstall file .rpm
sebagai root : # rpm -ivh batakdict_0.1-2_i386.rpm
atau sebagai root sudoers : $ sudo rpm -ivh batakdict_0.1-2_i386.rpm


Database

Batak-Indonesia = 7928 kata 
(thanks to http://web.tiscali.it/batak/)
Indonesia-Batak = 571 kata :D ;))
Harap maklum, saya tidak terlalu fasih berbahasa Batak. 
Tapi entry akan semakin lengkap karena semakin banyak teman yang berkontribusi dalam menambahi kosakata


Contact Me:

Jika Anda mengalami masalah dalam instalasi, punya pertanyaan, saran, dan kritik yang bersifat membangun :D) silahkan hubungi saya:
sunardo[dot]panjaitan[at]gmail[dot]com